MEMBUAT BAHAN MATERIAL CERAMIC


Membuat Bahan Material  Ceramic  .

Pembuatan Jenis material ini digunakan material standar yang di atur parameter nilai dari bahan tersebut pada kotak material editor.
Pengaturannya sebagai berikut , pertama masuk kebagian material editor selanjutnya merubah warna dari Ambient, Difuse, Specular menjadi warna putih dengan cara mengklik kotak pada warna, kemudian merubah nilai Specular level yang terdapat pada kotak Specular Highlight menjadi 36 , Glossiness menjadi 28, dan Soften menjadi 0,1. Selanjutnya menuju kotak Maps dan  memberi  tanda pada kotak Reflection dan  merubah nilai kotak  menjadi 97 yang diikuti oleh kotak Refraction tetap pada nilai 100.
Untuk berikut adalah merubah material menjadi bahan gelas , setelah mengisi kotak Reflection dan Refraction pada kotak map klik none pada salah satu parameter tersebut, maka akan ditampilkan layar material / map browser , selanjutnya pilih salah satu daftar map tersebut yaitu dipilih Refraction Map #8 ( falloff ). Kemudian dalam kotak Falloff parameter  , merubah falloff type menjadi Fresnel.
 Selanjutnya kembali keparameter default material standart  , untuk merubah nilai map refraction cara yang digunakan sama dengan cara merubah nilai reflection pada layer map, yaitu dengan cara mengklik kotak none yang diikuti  dengan material / map browser, selanjutnya pilih Reflaction Map#28.
Kemudian kembali kenilai default material standart.  Gunakan assign material to selection untuk memberikan bahan material yang  telah kita buat kedalam objek . kemudian render hasil tersebut,
Untuk melihat dan merubah ketebalan atau sinar dari efeck bayangan usahakan untuk merubah nilai dari pada reflaction dan refrection map sesuai kebutuhan material yang dibuat, selanjutnya material akan tampak lebih realistis bila ditambahkan kemampuan efeck sinar terhadap objek dengan mengatur nilai intensitas cahaya dan bayangan terhadap obyek.

Comments