PEMBUATAN BAHAN MATERIAL PLASTIK DENGAN RAYTRACE.


Penggunaan material raytrace untuk pembuatan bahan plastic pada material 3dsmax tidak terlalu sulit. Karena pada material editor tersebut tersedia nilai perubahan pada tampilan layar.
Seperti biasa untuk tampilan pertama adalah dengan menampilkan material editor , kemudian klik material standart kemudian pilh raytrace pada bahan. Maka akan terlihat bahan material tersebut terdapat sedikit pantulan cahaya , untuk sekedar contoh akan diambil warna material merah , klik kotak Difuse , akan tampil layer color selector kemudian atur nilai red menjadi 255, green 0 , dan blue 0. Setelah itu klik close, selanjutnya hilangkan tanda silang pada kotak reflect dan beri nilai 6, gunanya untuk efek pantulan bayangan pada bidang sekitar, dalam hal ini proses diabaikan karena belum melanjutkan kesesi berikut yang lebih detail.
Kemudian klik kotak specular level maka akan tampil layer color selector, rubahlah nilai red menjadi 255, green 233 dan blue 233, perubahan nilai ini untuk mendapatkan efek pantulan cahaya terhadap obyek yang berwarna sama dengan bahan, warna merah muda. Setelah itu tutup jendela color selection dengna menklik close.
Selanjutnya merubah nilai utama yaitu nilai specular color menjadi 201, dan glossiness menjadi 58.
Selebihnya biarkan nilai masing – masing parameters apa adanya, maka kita sudah dapat memiliki satu buah bahan material plastic, simpan pekerjaan kita dengan member nama material MERAH PLASTIK dengan mengklik put to library ( gambar disket kecil ) kemudian berikan nama MERAH PLASTIK, klik ok.
Kemudian untuk menyimpannya dalam file 3dsmax kita , klik tulisan raytrace akan tampil material / map browser, selanjutnya pada browser from klik mtl library, maka akan tampil pada layar bahan yang kita buat kemudian klik bahan tersebut dan klik save as,
Setelah itu akan terdapat layer save material library, tulis MERAH PLASTIK pada file name klik save. File tersebut bertype ( *mat) pada file 3dsmax. SELAMAT MENCOBA…

Comments