PENCAHAYAAN DASAR PADA 3DSMAX


     Pencahayaan dasar pada 3dsmax yang penulis sajikan adalah sebuah dasar pencahayaan terhadap objeck rendering, softtware yang digunakan 3dsmax versi 8.

PERSIAPAN PEMBUATAN OBJECK

1. buat plane dalam ruang gambar dengan panjang 205 x 203.

2.Buat kembali objeck TEAPOT diatas permukaan plane dengan radius 33 dengan segments 12.

 3. letakan cahaya diatas objeck yang telah dibuat pilih jenis cahaya omni dengan melihat pada kotak modifi rubah nila intensity cahaya menjadi 0,9 multipier dan centang kotak shadow pada ruang kosong.
selanjutnya untuk mendapatkan hasil akhir pada objeck gunakan material editor ( memberi jenis material pada objeck ).

PERSIAPAN RENDERING.

1. Pilih rendering pada tool bar dan klik environment klik background hitam pada kotak dan rubahlah menjadi warna putih.

2. Selanjutnya gunakan material editor untuk memberi jenis material apa yang akan digunakan pada objeck, klik material standar kemudian klik pilihan material pada matte / shadow. dilanjutkan dengan memberikan bahan matte shadow pada objeck plane.gunakan kembali material editor untuk memberikan jenis material yang digunakan untuk objeck teapot menggunakan material jenis standart, dan centang kotak kosong 2 sided material.

3. Render gunakan default scanline render dengan format gambar 800 x 600.

Comments