Light Photometric dengan MentalRay


Sebuah model yang dihadiahkan seorang kawan , membuat saya mencoba untuk membuat beberapa teknik dalam mental ray , untuk menampilkan sebuah view dalam pandangan real pada render mental ray, model yang digunakan adalah beberapa buah catur. Dalam pelaksanaannya saya membuatnya menjadi beberapa bagian pengerjaan , seperti berikut ini,

  1. Memberikan plane pada model  adalah hal yang pertama yang saya lakukan untuk memulai,  kemudian dilanjutkan dengan menampilkan cameras target pada model serta memproyeksikan gambar dengan sudut pandang prespective . tampak seperti dibawah ini,
2. Membuat 2 buah light photometric ( FREE AREA ) dan meletakannya seperti berikut,

Kemudian mengatur nilai  masing masing lampu, untuk lampu sisi sebelah kanan  saya memberikan nilai pada intensity / color / distribution pada Kelvin 6000.0 untuk Resulting intensity 1500.0 cd dan memberikan on pada ray traced shadows. Untuk lampu sisi sebelah kiri nilai pada intensity / color / distribution pada Kelvin 6000.0 untuk Resulting intensity 1500.0 cd dan memberikan on pada ray traced shadows.

1.     3. Membuat material , saya menggunakan  “ arc & Design “ material , untuk membuat bahan logam warna hitam  
-          Set Diffuse color warna hitam.
-          Set Reflektifitas menjadi  1 , karena bahan logam dan memiliki refleksi tinggi.
-          Set Glossiness  menjadi 0,8  , karena akan meiliki efeck buram pada permukaan , jika menjadi 1 maka hasilnya reflektifitas pada permukaan tinggi.
-          Set BRDF dengan menggunakan IOR ( Fresnel Refleksi ) dan merubahnya menjadi 2 karena penggunaan IOR  hanya pigmen yang menutupi permukaan bahan logam , bila sinar lampu meneranginya maka bias sinar tersebut akan membiaskan kepermukaan logam dan terpental , pentalan sinar ini akan membawa pigmen warna karena sinar ini tidak dapat membawa warna dan hanya membiaskan saja.
Untuk logam warna putih , saya menggunakan Chrome.
-          Dalam hal ini Perubahan pada BRDF yang di proritaskan , saya menggunakan “ Custom Reflektifitas Fungsi “ dan merubah 0 menjadi 90 derajat.
-          Check kotak material metal, untuk memposisikan bahan chrome pada material metal.
-          Untuk transparency , kosongkan nilai . karena refraction yang digunakan tidak memerlukan transparency pada bidang permukaan material.
-          Set IOR pada nilai water  = 1,33 . akan membuat permukaan bidang akan memantulkan cahaya balik terhadap bidang .
-          Gunakan warna putih pada semua sisi color .

1.       4. Rendering.
Untuk proses render pada view , saya tidak merubah pengaturan apapun dari nilai default yang saya gunakan , jadi saya langsung klik render, dan hasilnya tampak sebagai berikut,
Semoga teman menikmati ,..











Comments