Thursday, 5 May 2011

CLAY RENDER in 3dsmax

Teknik render model terlihat seperti gambar tanah liat atau disebut juga dengan model belum jadi , tutorial ini dibuat dengan sedikit berbeda pada beberapa teknik. terbagi atas beberapa bagian,

1. pembuatan material.
pembuatan bahan untuk model menggunakan bahan standart dengan warna putih sedikit abu - abu ,(HSV 0,0,220) hal ini penting karena pada render nanti model tidak akan terlihat menyatu dengan warna latar belakang,bisa juga digunakan beberapa warna lain seperti warna kuning.

2.pembuatan dasar model.
membuat plane tidak harus besar tetapi cukup untuk membuat bayangan jatuh terhadap obyek.untuk warna pada material gunakan warna sama pada warna latar belakang , ini terlihat sangat baik ketika render digunakan maka warna dasar dan warna latar belakang akan menyatu menjadi satu bagian dan terlihat lembut terhadap bayangan model.

3.light.
buat sebuah skylight dan letakan sembarang pada obyek karena dalam hal apapun cahaya skylight akan menyala merata pada seluruh view render, bila menggunakan cahaya default ,skylight memiliki warna biru muda yang membuat sedikit terasa dingin pada render, hal ini dapat dilakukan sebuah perbedaan sedikit dengan warna kuning sehingga warna terlihat hangat pada render.

4.pengaturan light tracer
Ada banyak pengaturan didalam panel tracer , tetapi untuk sederhana digunakan dua pengaturan, jika menggunakan sinar untuk pencahayaan besar naik menjadi lebih besar pada nilai, dan naik utnuk ukuran filter memberikan sedikit cahaya terang pada render, bila realisme ingin didapatkan pada model set naik nilai menjadi 0,3 , untuk intensitas cahaya menyebar pada bidang set menjadi 2.
render tampak seperti berikut,

No comments:

Post a Comment