Thursday, 9 June 2011

Membuat Background laut dengan plugin dreamscape

Dalam Plugin Dreamscape pembuatan permukaan laut dapat dibuat

dalam prosedural complex untuk setiap penampilan view yang

terlihat sebuah objeck laut, plugin dreamscape untuk

pembuatan permukaan laut hanya berisi kamera standart dan

cahaya dreamscape sun.

mulai dengan, klik dreamscape objects , pilih sea surface.

buat ukuran dengan klik pada tombol permukaan laut untuk

panjang dan lebar permukaan menjadi 200.
selanjutnya dengan menggunakan tombol f12 sesuaikan permukaan

laut dengan posisi x = 0,0 y = 60,0 z = 0,0. setelah obyek

selesai dibuat ubah lebar dan panjang segmen untuk 256 untuk

meningkatkan resolusi render mesh, set vpt. spinner degradasi

ke 50 untuk mengurangi jumlah poligon terlihat dalam

viewport,selanjutnya untuk membuat permukaan seperti air buka

material editor, klik pada dreamscape, sea material klik

ok,pada obyek laut, kemudian klik rendering > environment,

klik ok untuk menambahkan kedaftar efeck. render. hasil akhir

tampak seperti berikut:


permukaan laut dalam render view terdapat jarak dalam

penampilan ( garis besar hitam ditengah ) untuk itu perbaiki

pada panel modify pada wind speed = 20 dan perubahan grid

detail = 8. perubahan nilai tersebut berpengaruh pada

permukaan laut agak kasar, sedangkan untuk memperbaiki pada

warna laut , klik materila editor ubah spinner Glitter sharp

ke 30, untuk menciptakan efeck glitter sedikit lemah

selanjutnya dalam warna sky kontrol klik ds gunakan tombol

warna radio sky aktif, untuk memberikan warna laut sesuai

warna pada langit, dan berikan warna pilihan otomatis pada

warna kontrol under water. hasil menunjukan warna permukaan

laut sekarang susai dengan warana lingkungan akibat perubahan

pada parameter modify, tampak sebagai berikut ;


Selanjutnya kegiatan terakhir dalam pembuat adegan ini adalah

memperpannjang jarak permukaan laut menuju cakrawala tanpa

sedikitpun batas hal ini akan membuat daerah hitam ditengah

tengah frame akan tidak terlihat, pilih permukaan laut ,

kemudian dari parameters modify pilih Adaptive Mesh. untuk

memberikan pandangan jauh pada sudut pandang kamera , dibawah

kelompok kontrol adaptive mesh, klik pada ikon pick kemudian

di viewport pilih camera 01. dan secara otomatis kamera akan

ditambahkan ke seasurface , selanjutnya karena grid permukaan

laut menjadi kasar dikarenakan degradasi pada view port

terlalu tinggi maka set degradasi spinner menjadi 7 dan untuk

lebar spinner menjadi 100 , untuk panjang menjadi 7000.

dengan panjang ukuran ini akan terlihat titik kejahuan pada

garis cakrawala.
sekarang render gambar ,


pada titik cakrawala terlihat dalam kejauhan awan terlihat

datar , dengan garis lurus , untuk memberikan efeck 3d pada

langit gambar maka pada render environment and efects klik

kotak render daylight dan klik 3d cloud pada kotak maka ,

terlihat view seperti berikut,


Sekarang terbentang sepanjang mata laut menuju jalan langit

cakrawala.

No comments:

Post a Comment