MEMBUAT SANG NAGA BERJALAN DALAM PLUG IN C.A.T


Dalam pembuatan sebuah animasi sederhana proses rigging adalah hal vital , C.A.T adalah salah satu solusi untuk itu, karena keterbatasan pengetahuan tentang sebuah animasi , maka risalah dan difinisi tentang animasi  belum dibahas secara detail, 

MEMULAI PLUGIN. ( STEP.1 )

Setelah proses instal selesai , klik CREATE – HELPERS – CAT OBJECTS

 
Pada layer control CAT OBJECTS terdapat 3 tombol , 1. CAT PARENT , 1.CAT MUSCLE , 3.MUSCLE STRAND. Untuk memulai character sang naga maka klik CAT PARENT.

 
Untuk memulai character naga klik pada layer view TOP tahan klik mouse sebelah kiri sesuaikan ukuran character pada layer view perspective. Lihat gambar.3

 
Selanjutnya buat tampilan character dalam render view , seperti , berikan pencahayaan pada obyek , berikan alas atau plane pada dasar obyek ( untuk animasi disini sang naga akan berjalan pada sebuah bola yang berputar , maka pada pada dasar obyek diberikan sphere ) selanjutnya atur posisi lighting pada obyek untuk mendapatkan shadow yang terbaik pada obyek, seperti gambar dibawah ini, sang naga berdiri dengan sudut pandang atas samping kiri dengan shadow pada obyek. Lihat gambar.4

 
Kemudian RENDER VIEW pada hasil gambar 800 x 600. Hasil render dibawah ini.

 
Sekarang anda mempunyai sebuah gambar dengan obyek character naga diatas sebuah bola, selanjutnya mari kita membuat gambar tersebut bergerak untuk menjadikannya sebuah gambar animasi sederhana, yaitu seekor naga yang berjalan dengan menggerakan sebuah bola yang berputar, pada saat sang naga berjalan kepakan sayap akan naik turun terhadap anatomi gerak pusat .

 
MEMBUAT ANIMASI BOLA BERPUTAR. (  STEP.2 )

1.       Tekan tombol autokey pada layer control animasi.
2.       Pilih rotation pada sphere.
3.       Geser  posisi slide bar pada 10 / 100.
4.       Gerakan sphere kearah rotasi atas.
5.       Lanjutkan geser kembali posisi slide bar pada 20 / 100
6.       Gerakan kembali kearah rotasi atas.
7.       Lanjutkan step 3 dan 4 dengan catatan posisi slide bar berubah dan posisi rotasi harus bergerak, lanjutkan hingga slide bar pada posisi 100 / 100.
8.       Tekan kembali tombol auto key.
9.       Tekan play animasi, maka pada layar view 3dsmax sphere akan berputar .


Selanjutnya file akan disimpan dalam bentuk format AVI, untuk membuatnya menjadi sebuah file animasi.
1.       Buka render scene dialog.
2.       Pada layer common parameters – time out put klik time segment  : 0 to 100.
3.       Pada Out put size gunakan ukuran layer 320 x 240.
4.       Selamjutnya klik kotak save file dan klik file maka akan tampil beberapa format file , pilih AVI untuk save file, klik ok

 
1.       KLIK render. ( biarkan beberapa saat untuk file menyimpan satu persatu frame hingga selesai ).


 
Apabila semua step step diatas sesuai urutan maka akan tampil sebuah video dengan durasi kecil seperti berikut. Yaitu sebuah bola yang berputar.

 
MEMBUAT SANG NAGA BERGERAK. ( Menggunakan Plugin C.A.T )
1.       Klik garis segitiga dibawah kaki naga, lamjutkan dengan klik pada motion layer 3dsmax,.
2.       Klik tombol merah pada layer manager ,
3.       Selesai , maka tombol merah tersebut berubah menjadi hijau,
4.       Klik play pada tombol animasi . 

 
Selanjutnya bila tombol animasi ditekan maka terlihat pada masing – masing view bola bergerak dan character ikut bergerak, untuk menjadikannya sebuah file video animasi  yaitu seekor naga yang menggerakan sebuah bola, maka pelaksanaan eksekusi tersebut sama dengan pembuatan file video bola bergerak, yaitu buka scene dialog, lanjutkan dengan memilih time segment 0 to 100 , lalu pilih ukuran layer yang ditampilkan yaitu 320 x 240 ( bila komputer anda memiliki kemampuan lebih untuk merender hasil akhir gunakan scala 800 x 600.
Hasil akhir.

SELESAI.

 

Comments