Dalam pembuatan sebuah animasi sederhana proses rigging
adalah hal vital , C.A.T adalah salah satu solusi untuk itu, karena
keterbatasan pengetahuan tentang sebuah animasi , maka risalah dan difinisi
tentang animasi belum dibahas secara detail,
MEMULAI PLUGIN. ( STEP.1 )
Setelah proses instal selesai , klik CREATE – HELPERS – CAT OBJECTS
Pada layer control CAT OBJECTS terdapat 3 tombol , 1. CAT
PARENT , 1.CAT MUSCLE , 3.MUSCLE STRAND. Untuk memulai character sang naga maka
klik CAT PARENT.
Untuk memulai character naga klik pada layer view TOP tahan
klik mouse sebelah kiri sesuaikan ukuran character pada layer view perspective.
Lihat gambar.3
Selanjutnya buat tampilan character dalam render view ,
seperti , berikan pencahayaan pada obyek , berikan alas atau plane pada dasar
obyek ( untuk animasi disini sang naga akan berjalan pada sebuah bola yang
berputar , maka pada pada dasar obyek diberikan sphere ) selanjutnya atur posisi
lighting pada obyek untuk mendapatkan shadow yang terbaik pada obyek, seperti
gambar dibawah ini, sang naga berdiri dengan sudut pandang atas samping kiri
dengan shadow pada obyek. Lihat gambar.4
Kemudian RENDER VIEW pada hasil gambar 800 x 600. Hasil render
dibawah ini.
Sekarang anda mempunyai sebuah gambar dengan obyek character
naga diatas sebuah bola, selanjutnya mari kita membuat gambar tersebut bergerak
untuk menjadikannya sebuah gambar animasi sederhana, yaitu seekor naga yang
berjalan dengan menggerakan sebuah bola yang berputar, pada saat sang naga
berjalan kepakan sayap akan naik turun terhadap anatomi gerak pusat .
MEMBUAT ANIMASI BOLA BERPUTAR. ( STEP.2 )
1.
Tekan tombol autokey pada layer control animasi.
2.
Pilih rotation pada sphere.
3.
Geser posisi slide bar pada 10 / 100.
4.
Gerakan sphere kearah rotasi atas.
5.
Lanjutkan geser kembali posisi slide bar pada 20
/ 100
6.
Gerakan kembali kearah rotasi atas.
7.
Lanjutkan step 3 dan 4 dengan catatan posisi
slide bar berubah dan posisi rotasi harus bergerak, lanjutkan hingga slide bar
pada posisi 100 / 100.
8.
Tekan kembali tombol auto key.
9.
Tekan play animasi, maka pada layar view 3dsmax
sphere akan berputar .
Selanjutnya file akan disimpan dalam bentuk format AVI,
untuk membuatnya menjadi sebuah file animasi.
1.
Buka render scene dialog.
2.
Pada layer common parameters – time out put klik
time segment : 0 to 100.
3.
Pada Out put size gunakan ukuran layer 320 x
240.
4.
Selamjutnya klik kotak save file dan klik file
maka akan tampil beberapa format file , pilih AVI untuk save file, klik ok
1.
KLIK render. ( biarkan beberapa saat untuk file
menyimpan satu persatu frame hingga selesai ).
Apabila semua step step diatas sesuai urutan maka akan
tampil sebuah video dengan durasi kecil seperti berikut. Yaitu sebuah bola yang
berputar.
MEMBUAT SANG NAGA BERGERAK. ( Menggunakan Plugin C.A.T )
1.
Klik garis segitiga dibawah kaki naga, lamjutkan
dengan klik pada motion layer 3dsmax,.
2.
Klik tombol merah pada layer manager ,
3.
Selesai , maka tombol merah tersebut berubah
menjadi hijau,
4.
Klik play pada tombol animasi .
Selanjutnya bila tombol animasi ditekan maka terlihat pada
masing – masing view bola bergerak dan character ikut bergerak, untuk
menjadikannya sebuah file video animasi yaitu seekor naga yang menggerakan sebuah
bola, maka pelaksanaan eksekusi tersebut sama dengan pembuatan file video bola
bergerak, yaitu buka scene dialog, lanjutkan dengan memilih time segment 0 to
100 , lalu pilih ukuran layer yang ditampilkan yaitu 320 x 240 ( bila komputer
anda memiliki kemampuan lebih untuk merender hasil akhir gunakan scala 800 x
600.
Hasil akhir.
SELESAI.
Comments
Post a Comment