Sunday, 14 November 2010

RENDER MENGGUNAKAN CAHAYA SKYLIGHT

     Tampilkan jendela 3dsmax , yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan objek pada bidang kerja  layar, pertama buat plane dengan ukuran panjang 476 lebar 1019, yang dilanjutkan dengan pembuatan objek utama yaitu create dari extended primitives untuk bentuk torus knot dengan ukuran parameters  base curve knot radius 21 dan segments 291 serta cross section radius 9,8 sides 12.
     Selanjutnya untuk persiapan cahaya yaitu pilih light pada toolbar dan pilih skylight , masukan cahaya terpilh kedalam layar gambar yang telah kita buat dengan posisi  sudut terhadap objek dalam layar. Untuk selanjutnya pengaturan pada  Cahaya skylight yang digunakan menggunakan setting pada multiplier 0,93 dan untuk sky color pada map dengan data RED 244, GREEN 242, BLUE 255.
  
     Pemberian material  pada objek dapat dilakukan untuk tahap selanjutnya,  buka material editor pada toolbar pilih material standar , buka kotak diffuse rubah warna menjadi merah dengan pengaturan RED 255, GREEN 0, BLUE 0, tutup layer warna, kemudian beri kan material tersebut untuk objek pada torus knot pada kotak assign material to selection, dilanjutkan dengan pemberian material pada plane dengan menggunakan material standar kita pilih kotak standart akan tampil dalam material / map browser , kenudian pilih matte / shadow, kemudian berikan material tersebut untuk objek pada plane.
     Selanjutnya pengaturan background pada layer view,  dengan membuka rendering pada toolbar kemudian pilih environment, dan  jadikan warna pada kotak background menjadi warna putih.

     Untuk mengaktifkan cahaya skylight pada render , tampilkan rendering pada toolbar, kemudian pilih advanced  lighting akhiri dengan light tracer.Pemilihan tersebut mengaktivkan  render scene default.
     Selanjutnya tanpa merubah pengaturan apapun dalam render scene default , silakan pilih kotak render dan lihathasil yang didapat.


No comments:

Post a Comment