Friday, 28 January 2011

INDOR LIGHTING DENGAN MENTAL RAY.

Pertama persiapkan sebuah obyek dalam ruangan dengan sebuah ventilasi dengan ukuran sesuaikan dengan lebar jarak pandang layer 3dsmax seperti dibawah ini,



Lanjutkan dengan membuat lighting , klik photometric light dan gunakan mr sky portal, buat mr sky portal dengan ukuran sesuai dengan kolom jendela pada objek, seperti dibawah ini


Kemudian klik systems pilih daylight pada saat tombol daylight dipilih maka kotak dialog 3dsmax terbuka , klik ok untuk melanjutkan .
Buat daylight pada obyek kemudian buka layer modify pada layer day light pilih posisi manual pada daylight , geser daylight buat titik konsentrasi cahaya pada kotak jendela obyek, seperti dibah ini.


Lanjutkan dengan membuat tampilan render dengan menggunakan camera target , sesuaikan posisi camera pada obyek yang akan dirender, seperti dibawah ini.


Kemudian pengaturan cahaya pada day light , untuk day light parameters sunlight pilih mr sun, dan untuk sky light pilih skylight untuk posisi daylight adalah manual, sedangkan untuk nilai shadows mempunyai nilai pada softenes 5,0 dan softeness samples 128. Seperti dibawah ini,


Untuk pengaturan render klik tombol 8, maka tampil layer environment and effects, pilih mr photografhic exposure control pada exposure control dan mr photographic exposure control preset : physically based lighting indoor daylight. Seperti dibawah ini,


Gunakan material untuk kotak obyek dengan material wall paint pada material mental ray, gunakan warna biru , seperti dibawah ini,


Kemudian penggunaan material obyek torus gunakan material metal ,
Render hasil pekerjaan ,


Selesai.

No comments:

Post a Comment