Thursday, 17 March 2011

FINAL RENDER MATERIAL. ( FR - LIGHT )

  Pembelajaran penggunaan bahan material pada final render, seperti: fR-Metal, fR-Kaca, fR-Matte/Shadow, fR-Carpaint, fR-Fillet, fR-Wax, fR-Kulit, fR-Light, fR-Arsitektur, fR-Dirt  untuk awal dioptimalkan jenis tertentu pada permukaan. Seperti, fR-Kaca menciptakan bahan kaca realistis sementara fR-Metal menghasilkan logam. jenis bahan pada final render ini adalah peningkatan kontrol atas efek GI Bahan tersebut dapat dengan mudah digunakan sebagai workhorses untuk setup yang cepat dan hasil yang memuaskan.
  Pembahasan pada materi fR-Light , sebagai contoh memperkenalkan kemungkinan untuk menggunakan material sebagai sumber cahaya. Hal ini terutama berguna dengan benda tipis atau kurus, karena membantu GI ketika rendering lampu seperti area khusus. Meskipun bahan ini bekerja tanpa mesin GI, itu mungkin bukan ide terbaik karena waktu render akan benar-benar tinggi ketika metode GI rendering non digunakan.
fR-Light

ON - untuk mengaktifkan "cahaya"l. Jika pilihan ini dimatikan material tidak akan lagi menciptakan "cahaya",

Multiplier - mendefinisikan "kecerahan" dari bahan .

Sampel - jumlah sinar yang akan dibiaskan dari bahan fR-Light yang diterapkan pada permukaan objek.

Shadows - untuk menciptakan bayangan .

Store with GI - ketika diaktifkan, lampu perhitungan berdasarkan jumlah sampel GI dalam adegan. Hal ini meningkatkan kecepatan bayangan halus pada obyek.

two sided - bahan fR-Light dipergunakan 2-sisi

use Light Normals
- diaktifkan secara default,

Affect Diffuse - untuk membuat bahan ringan yang mempengaruhi komponen warna dari bahan.

Affect specular -, specular membiaskan bahan ringan.

Color - memungkinkan memilih warna cahaya yang juga warna material.

Material - memilih bahan  sebagai cahaya (warna dan intensitas)

Tekstur - bila bitmap diperlukan untuk menentukan warna dan intensitas cahaya.

Sebuah catatan penting tentang Bahan finalRender-1
  Sebagai aturan praktis ,harus menukarkan semua bahan 3ds Max raytrace dengan bahan Tahap finalRender-1 spesifik. karena Jika tidak mengikuti aturan sederhana, tidak akan mendapatkan kekuatan penuh dan manfaat yang cepat pada bahan . bahkan mungkin mengakibatkan waktu render lebih lama atau crash jika memori berjalan terlalu rendah.

TUTORIAL. Aplikasi Material FR-LIGHT pada Obyek render.

Pertama atur Unit setup drawing pada scale mm. per unit.
Kedua buat gambar pada bidang 3dsmax seperti dibawah ini.

Teapot radius 5,0 Segments 13.
Plane length 2032,2 Width 1825,6 Length Segs 4 Width Segs 4.
Ketiga open material editor gunakan material fr-light berikan nilai 10 pada multiplier dan 1 pada samples,klik pada obyek torus.
render,
tampak jelas bias cahaya yang diberikan fr light memberikan efect lembut pada bidang yang dilaluli,gunakan bahan dan material sesuaikan dengan kebutuhan pada gambar.render.
Download file 3dsmax fr light. disini

No comments:

Post a Comment