Making of carpaint material.

     Permulaan ini berdasarkan pada apa yang disebut render dengan cepat, Saya tidak mengetahui bagaimana mendapatkan sebuah render cepat dengan menggunakan scanline render ( Render Standart ), untuk memperoleh hasil seperti render vray dengan menggunakan material raytrace,
kita mengetahuinya dengan memberikan warna pada sebuah model , yang kita lakukan adalah menampilkan sebuah model seperti ini,

   Permulaan ini dimulai dengan pembuatan bahan material Raytrace,
- buka material Editor pada 3dsmax.
- Pilih Raytrace material pada material / map browser
- Berikan nama menjadi carpaint
- Pilih Metal pada kotak Shading
- pilih face map
- berikan nilai 3,0 pada Index of Ref:
- Berikan nilai 120 pada Specular level
- Berikan nilai 60 pada Glossines
- Pilih kotak Environment klik bitmap gunakan bitmap HDRI.
- pilih kotak Diffuse klik material Falloff, didalam Falloff Parameter   tentukan warna ( yang digunakan warna merah R : 247 G dan B : 0 )   selanjutnya buat nilai menjadi 20. untuk warna hitam , tanpa   perubahan. untuk Falloff Type gunakan Fresnel.
- pilih kotak Reflect klik material falloff dengan warna kotak pertama   Hitam dengan nilai 100 dan kotak kedua warna abu-abu dengan nilai   15.Tampak Raytrace Basic Parameters seperti dibawah ini,
Selanjutnya bila pengaturan nilai parameter material seperti diatas maka akan terlihat tampak bahan seperti dibawah ini.

lanjutkan dengan Pemberian material bahan terhadap objeck , kemudian render menggunakan scanline render, maka akan terlihat seperti gambar berikut,
Dengan menggunakan background image dan sedikit cahaya bayangan maka obyek akan tampil seperti dibawah ini,
Demikianlah Pembuatan bahan material untuk penggunaan render standart dengan kualitas bagus untuk suatu obyek .

Comments