Tuesday, 5 July 2011

MAKING OF SNOW WITH PWRAPPER

Particle Flow,  merupakan sebuah partikel system untuk membuat sebuah model / event  dengan perhitungan yang akurat,  dalam tampilan parameter pada masing masing event / action dijelaskan sifat sifat partikel seperti bentuk , kecepatan , arah serta rotasi yang disebut juga dengan peristiwa , didalam peristiwa / satu action dapat terjadi penggabungan yang menghasilkan event untuk scene.
System partikel partikel ini mempunyai perbandingan dan pengaturan nilai dari setiap partikel action, dalam periode waktu yang ditentukan partikel tersebut dapat berubah bentuk dan penampilan berdasarkan scene yang kita buat , karena particle flow terus mengevaluasi masing masing parameter dalam daftar .
Dalam tutorial ini kita membutuhkan plugin glu3d untuk menghasilkan sebuah garis mesh yang dapat dirender  untuk ditampilkan dalam view , karena pergerakan partikel tersebut akan terlihat menjadi bentuk mesh  .penggunaan plugin glu3d terdapat pada pwrapper yang membentuk partikel – partikel dalam particle flow menjadi sebuah mesh .
Untuk lebih jelas mari kita buat tutorial ini dengan penjelasan melaui step by step , kita berikan nama tutorial ini membuat salju dengan menggunakan pwrapper :
STEP 1 :  Buat sebuah model dalam view perspective ( model Teapot ).

STEP 2 : Model ini akan dibuat untuk membuat partikel partikel kecil berjatuhan , untuk mempercepat simulasi partikel gunakan “ Multires” berikan nilai 30 % . ( Model – Modifier list – Multi res . klik generate).

STEP 3 : Untuk menghilangkan partikel yang tidak digunakan dalam render , ( Command panel – create – space warp – Deflectors ).

STEP 4 : Untuk menghasilkan bentuk farticle flow pada body model dan menempel pada bidang maka buat Udeflector pada ruang warp. ( Create – space warp – Udeflector ).

STEP 5 : Lanjutkan dengan mengklik pick objeck pada parameters Udeflector. ( klik pick objeck teapot ).

STEP 6 : Buat particle flow dalam model , gunakan icon type circle , ini untuk memudahkan particle jatuh disekeliling model , untuk icon particle buat diatas model. Berikan nilai viewport 100 % pada Quantity Multiplier ( create – particle system - PF source ).

STEP 7 : Buka Particle view editor , hapus event  rotation dan shape.

STEP 8 : Dalam “ Birth “ operator , set “ emit stop “ menjadi 0 untuk dapat memulai frame pertama pada aksi simulasi , serta set “ Particle Amount “ menjadi 5000 untuk dapat menghasilkan jumlah partikel yang lebih rapat.

STEP 9 : Tambahkan “ Collision “ pada ruang event , didalam ruang collision action klik add pada kotak pilh garis Udeflector pada model , ini mengakibatkan semua particle yang jatuh tetap tinggal pada body model .serta untuk test true if Particle collides pilih kotak Speed stop.

STEP 10 : Untuk membuat particle jatuh diluar kelompok pada bawah model Maka tambahkan Deflector pada collision serta test true if particle collides berikan Bounce pada kotak pilihan,




STEP 11 : buat event baru pada operator dengan menambahkan event “ Delete “ , ini memungkinkan setiap event berhenti pada collision satu perstu untuk action.


STEP 12 : geser Slider ke frame 43 , dan tunggu , untuk particleFlow membaca event.


Step 13 : Untuk step ini kita membutuhkan object senyawa untuk menghasilkan mesh , maka diperlukan PWrapper dari 3daliens.


STEP 14 : Gunakan Modifier “ RELAX “ untuk mengubah object “ blobmesh “ menjadi halus pada permukaan.

STEP 15 : Bila semua langkah tutorial ini dibuat dengan step yang baik maka konversikan data menjadi “ Editable Poly “ ( klik kanan – convert to – Editable Poly ) sekarang hapus semua ikon deflector dan multires , permukaan slaju anda siap untuk ditampilkan.


semoga, enjoy...



No comments:

Post a Comment