Friday, 4 May 2012

MEMBUAT SETUMPUK COIN dengan creator 3dsmax

Dalam 3dsmax untuk membuat sebuah tampilan render terlihat lebih nyata dalam bentuk maupun gerak dapat dilakukan , seperti view dalam setumpuk coin yang saling berhimpitan,

1.Buat box dengan ukuran panjang 315, lebar 381, tinggi 13. length segs 10, width segs 10, dan height segs 10.

2.Buat silinder dengan ukuran radius 29, tinggi 3, height segments 5, cap segments 1 dan sides 18.

3.Buat 6 buah silinder dengan ukuran yang sama dan tempatkan pada posisi saling berdampingan.

4.Buat 6 buah silinder tersebut dengan kentinggian pada dasar ( box )

5.Membuat simulasi coin berjatuhan, klik Create - helpers - reactor - RBCollection, klik pada lokasi gambar.

6.Lanjutkan dengan RBCollection01 - Modify - pick - klik pada silinder 1 - 6 dan klik pada box ( setiap kali pick pada masing- masing obyek harus mengulang kembali pada tombol pick.

7.Klik Utilities - Reactor. buka layer Properties klik silinder 1 , pada layer properties , physical properties Mass 10 , Friction , Lanjutkan pada setiap silender yang lain, kecuali pada box untuk Mass biarkan menjadi nilai 0.

8.Buka layer Priview & Animation pada utilies reactor, lanjutkan dengan klik priview in window, maka akan tampil layer animasi untuk melihat gerakan coin jatuh.

9.setelah adanya gerak animasi pada layer animasi maka lanjutkan dengan membuat animasi pada layer 3dsmax dengna klik tombol Create animation pada layer creator.

10.Bila tombol sudah diklik maka pada layer 3dsmax pada tampilan prespective view tampak pada gambar dengan slide 0 - 100

11.sekarang anda sudah memiliki tampilan coin berjatuhan , lanjutkan dengan menggunakan teknik render dan gunakan bahan pada coin,

RENDERING.


enjoy,...

No comments:

Post a Comment