Sunday, 10 June 2012

MEMBUAT KAMERA BERJALAN OTOMATIS.

Dalam postingan kali ini, kita akan membahas pada pengambilan gambar secara otomatis melalui motion camera,
Dengan menggunakan kamera berjalan secara otomatis maka kita dapat mengambil gambar dengan sudut pandang berbeda, yaitu dengan mengatur scene gambar pada frame,
Untuk lebih jelas , kita buat step by step .

STEP.1
Buat gambar dalam layer 3dsmax, yang siap dirender.
contoh gambar , render.


STEP.2
Buat Camera Target pada view layer,( Create - Camera - Target )




STEP.3
Gunakan view gambar pada camera view.( klik kanan pada control mouse maka akan tampil viewport configuration, pilh camera 01.



STEP.4
Membuat garis lurus didepan kamera. ( Create - shape - line ).


STEP.5
Membuat camera bergerak sesuai garis lurus , klik camera pada layer,  ( motion - parameter ) pada layer Parameters , Assign Controller klik position : position XYZ lanjutkan dengan klik pada kotak bergambar tanda tanya ( Assign controller tombol ), maka akan tampil layer Assign Position Controller pilh PATH CONSTRAINT klik Ok.



Lanjutkan dengan Path Parameters klik tombol Add Path klik pada garis lurus , maka pada kolom path Parameters terdapat line01 tertera pada kolom. reaksi tersebut menimbulkan kamera akan menempati posisi sebelah kiri pada garis,


Sekarang gerakan kamera tersebut dengan animation tombol control, maka kamera bergerak dari kiri kekanan dengan pengambilan gerak daro frame 0 - frame 100.


STEP.6
Membuat sudut pengambilan gambar , setelah kamera bergerak sesuai frame pada animation frame maka harus diatur kembali sudut pengambilan gambar karena garis lurus tersebut mempunyai sudut 0 pada line X, untuk itu harus di naikan garis tersebut sesuai arah pandang yang kita inginkan , klik pada garis lurus gunakan layer view left pada bidang kerja , tarik garis lurus keatas atur sudut sesuaikan dengan melihat pada layer view camera.


STEP.7
Render, Untuk merender scene yang telah dibuat gerakan slider animation , cari posisi pengambilan gambar atau sudut pandang , kita akan mengambil 2 render gambar tanpa menggunakan tombol control mouse,
1. didapat slider pada posisi 38 / 100, dan yang kedua pada posisi 92/100.


Render pertama, buka render scene dialog, pada kolom common parameters klik frame, ketik angka 38 ( karena kita ambil frame 38 untuk dirender, ) RENDER.



lanjutkan dengan render kedua dengan frame 92.

selesai.

No comments:

Post a Comment