Kemudian mengatur nilai masing masing lampu, untuk lampu sisi sebelah kanan saya memberikan nilai pada intensity / color / distribution pada Kelvin 6000.0 untuk Resulting intensity 1500.0 cd dan memberikan on pada ray traced shadows. Untuk lampu sisi sebelah kiri nilai pada intensity / color / distribution pada Kelvin 6000.0 untuk Resulting intensity 1500.0 cd dan memberikan on pada ray traced shadows.
1. 3. Membuat material , saya menggunakan “ arc & Design “ material , untuk membuat bahan logam warna hitam
- Set Diffuse color warna hitam.
- Set Reflektifitas menjadi 1 , karena bahan logam dan memiliki refleksi tinggi.
- Set Glossiness menjadi 0,8 , karena akan meiliki efeck buram pada permukaan , jika menjadi 1 maka hasilnya reflektifitas pada permukaan tinggi.
- Set BRDF dengan menggunakan IOR ( Fresnel Refleksi ) dan merubahnya menjadi 2 karena penggunaan IOR hanya pigmen yang menutupi permukaan bahan logam , bila sinar lampu meneranginya maka bias sinar tersebut akan membiaskan kepermukaan logam dan terpental , pentalan sinar ini akan membawa pigmen warna karena sinar ini tidak dapat membawa warna dan hanya membiaskan saja.
Untuk logam warna putih , saya menggunakan Chrome.
- Dalam hal ini Perubahan pada BRDF yang di proritaskan , saya menggunakan “ Custom Reflektifitas Fungsi “ dan merubah 0 menjadi 90 derajat.
- Check kotak material metal, untuk memposisikan bahan chrome pada material metal.
- Untuk transparency , kosongkan nilai . karena refraction yang digunakan tidak memerlukan transparency pada bidang permukaan material.
- Set IOR pada nilai water = 1,33 . akan membuat permukaan bidang akan memantulkan cahaya balik terhadap bidang .
- Gunakan warna putih pada semua sisi color .
1. 4. Rendering.
Untuk proses render pada view , saya tidak merubah pengaturan apapun dari nilai default yang saya gunakan , jadi saya langsung klik render, dan hasilnya tampak sebagai berikut,
Semoga teman menikmati ,..
Comments
Post a Comment