Dalam Plugin Dreamscape pembuatan permukaan laut dapat dibuat
dalam prosedural complex untuk setiap penampilan view yang
terlihat sebuah objeck laut, plugin dreamscape untuk
pembuatan permukaan laut hanya berisi kamera standart dan
cahaya dreamscape sun.
mulai dengan, klik dreamscape objects , pilih sea surface.
buat ukuran dengan klik pada tombol permukaan laut untuk
panjang dan lebar permukaan menjadi 200.
selanjutnya dengan menggunakan tombol f12 sesuaikan permukaan
laut dengan posisi x = 0,0 y = 60,0 z = 0,0. setelah obyek
selesai dibuat ubah lebar dan panjang segmen untuk 256 untuk
meningkatkan resolusi render mesh, set vpt. spinner degradasi
ke 50 untuk mengurangi jumlah poligon terlihat dalam
viewport,selanjutnya untuk membuat permukaan seperti air buka
material editor, klik pada dreamscape, sea material klik
ok,pada obyek laut, kemudian klik rendering > environment,
klik ok untuk menambahkan kedaftar efeck. render. hasil akhir
tampak seperti berikut:
permukaan laut dalam render view terdapat jarak dalam
penampilan ( garis besar hitam ditengah ) untuk itu perbaiki
pada panel modify pada wind speed = 20 dan perubahan grid
detail = 8. perubahan nilai tersebut berpengaruh pada
permukaan laut agak kasar, sedangkan untuk memperbaiki pada
warna laut , klik materila editor ubah spinner Glitter sharp
ke 30, untuk menciptakan efeck glitter sedikit lemah
selanjutnya dalam warna sky kontrol klik ds gunakan tombol
warna radio sky aktif, untuk memberikan warna laut sesuai
warna pada langit, dan berikan warna pilihan otomatis pada
warna kontrol under water. hasil menunjukan warna permukaan
laut sekarang susai dengan warana lingkungan akibat perubahan
pada parameter modify, tampak sebagai berikut ;
Selanjutnya kegiatan terakhir dalam pembuat adegan ini adalah
memperpannjang jarak permukaan laut menuju cakrawala tanpa
sedikitpun batas hal ini akan membuat daerah hitam ditengah
tengah frame akan tidak terlihat, pilih permukaan laut ,
kemudian dari parameters modify pilih Adaptive Mesh. untuk
memberikan pandangan jauh pada sudut pandang kamera , dibawah
kelompok kontrol adaptive mesh, klik pada ikon pick kemudian
di viewport pilih camera 01. dan secara otomatis kamera akan
ditambahkan ke seasurface , selanjutnya karena grid permukaan
laut menjadi kasar dikarenakan degradasi pada view port
terlalu tinggi maka set degradasi spinner menjadi 7 dan untuk
lebar spinner menjadi 100 , untuk panjang menjadi 7000.
dengan panjang ukuran ini akan terlihat titik kejahuan pada
garis cakrawala.
sekarang render gambar ,
pada titik cakrawala terlihat dalam kejauhan awan terlihat
datar , dengan garis lurus , untuk memberikan efeck 3d pada
langit gambar maka pada render environment and efects klik
kotak render daylight dan klik 3d cloud pada kotak maka ,
terlihat view seperti berikut,
Sekarang terbentang sepanjang mata laut menuju jalan langit
cakrawala.
dalam prosedural complex untuk setiap penampilan view yang
terlihat sebuah objeck laut, plugin dreamscape untuk
pembuatan permukaan laut hanya berisi kamera standart dan
cahaya dreamscape sun.
mulai dengan, klik dreamscape objects , pilih sea surface.
buat ukuran dengan klik pada tombol permukaan laut untuk
panjang dan lebar permukaan menjadi 200.
selanjutnya dengan menggunakan tombol f12 sesuaikan permukaan
laut dengan posisi x = 0,0 y = 60,0 z = 0,0. setelah obyek
selesai dibuat ubah lebar dan panjang segmen untuk 256 untuk
meningkatkan resolusi render mesh, set vpt. spinner degradasi
ke 50 untuk mengurangi jumlah poligon terlihat dalam
viewport,selanjutnya untuk membuat permukaan seperti air buka
material editor, klik pada dreamscape, sea material klik
ok,pada obyek laut, kemudian klik rendering > environment,
klik ok untuk menambahkan kedaftar efeck. render. hasil akhir
tampak seperti berikut:
permukaan laut dalam render view terdapat jarak dalam
penampilan ( garis besar hitam ditengah ) untuk itu perbaiki
pada panel modify pada wind speed = 20 dan perubahan grid
detail = 8. perubahan nilai tersebut berpengaruh pada
permukaan laut agak kasar, sedangkan untuk memperbaiki pada
warna laut , klik materila editor ubah spinner Glitter sharp
ke 30, untuk menciptakan efeck glitter sedikit lemah
selanjutnya dalam warna sky kontrol klik ds gunakan tombol
warna radio sky aktif, untuk memberikan warna laut sesuai
warna pada langit, dan berikan warna pilihan otomatis pada
warna kontrol under water. hasil menunjukan warna permukaan
laut sekarang susai dengan warana lingkungan akibat perubahan
pada parameter modify, tampak sebagai berikut ;
Selanjutnya kegiatan terakhir dalam pembuat adegan ini adalah
memperpannjang jarak permukaan laut menuju cakrawala tanpa
sedikitpun batas hal ini akan membuat daerah hitam ditengah
tengah frame akan tidak terlihat, pilih permukaan laut ,
kemudian dari parameters modify pilih Adaptive Mesh. untuk
memberikan pandangan jauh pada sudut pandang kamera , dibawah
kelompok kontrol adaptive mesh, klik pada ikon pick kemudian
di viewport pilih camera 01. dan secara otomatis kamera akan
ditambahkan ke seasurface , selanjutnya karena grid permukaan
laut menjadi kasar dikarenakan degradasi pada view port
terlalu tinggi maka set degradasi spinner menjadi 7 dan untuk
lebar spinner menjadi 100 , untuk panjang menjadi 7000.
dengan panjang ukuran ini akan terlihat titik kejahuan pada
garis cakrawala.
sekarang render gambar ,
pada titik cakrawala terlihat dalam kejauhan awan terlihat
datar , dengan garis lurus , untuk memberikan efeck 3d pada
langit gambar maka pada render environment and efects klik
kotak render daylight dan klik 3d cloud pada kotak maka ,
terlihat view seperti berikut,
Sekarang terbentang sepanjang mata laut menuju jalan langit
cakrawala.
Comments
Post a Comment